Senin, 10 Februari 2020

Bahasa Thai : Aksara Thailand (Vokal)

สวัสดีครับทุกคน
Sà-wàt dii khráp thùk khon

Nah tukhon, kemarin kan udah bahas konsonan nih, bingungkah?
"bacanya gimana phi?", "Susunya gimana sih phi?", "Belum ada vokalnya ya phi?"

Yap, betul banget... itu pasti akan membingungkan karena belum ada aksara vokalnya, karena itu Phi Nara (พี่นารา) akan mulai pembahasan berikut ini untuk membahas Vokal dalam Bahasa Thailand

Aksara Vokal dalam Bahasa Thailand jumlahnya ada 32. Lagi-lagi "Waaaaaw" buanyak bgt hahaha,, kemarinpun udah banyak atuh phiii!!! tenang-tenang... Jumlah aksara tersebut bisa banyak juga karena suatu alasan juga, kalo di Vokal ini alasannya karena Vokal dalam Bahasa Thailand itu dibagi jadi panjang dan pendek, dan ada juga vokal pencampuran semaca a campur i jadi ai, i campur a jadi ia, yang kalo di kita tinggal digabungin aja kaaannnn, tapi klo di Bahasa Thailand itu ada Aksaranya tersendiri yang sebenernya juga keliatannya semacam penggabungan juga ujung-ujungnya tapi ada peraturannya tersendiri.

Sebelumnya aksara Vokal itu tidak bisa berdiri sendiri yang biasanya akan ditemani konsonan atau kalau memang ingin mengucapkan vokal, aksaranya nanti akan ditemani dengan konsonan senyap (อ). Bingun ya? Langsung aja deh yuk penjelasan dan pengaplikasiannya

Kita bahas dulu untuk Vokal yang berlawanan Panjang dan Pendek yaaa

24 Vokal Panjang & Pendek
_า / _ะ = A panjang / pendek
_ี / _ิ = I panjang / pendek
_ู / _ุ = U panjang / pendek
เ_ / เ_ะ = E panjang / pendek
แ_ / แ_ะ = E (ditekan) panjang / pendek
_อ / เ_าะ = O panjang / pendek
โ_ / โ_ะ = O (ditekan) panjang / pendek
เ_อ / เ_อะ = Eu (seperti bahasa sunda) panjang / pendek
_ื / _ึ = Eu (ditekan) panjang / pendek
_ัว / _ัวะ = Ua penjang / pendek
เ_ีย / เ_ียะ = Ia panjang / pendek
เ_ือ / เ_ือะ = Eua panjang / pendek

4 Aksara Lainnya
_ำ = Am
เ_า = Ao
ไ_ = Ai
ใ_ = Ai

4 Aksaran Unik
ฤ = Reu Pendek
ฤๅ = Reu Panjang
ฦ = Leu Pendek (Tidak digunakan lagi)
ฦๅ = Leu Panjang (Tidak digunakan lagi)

Nah penyebutannya gimana sih? Yuk sini phi bantu, silahkan lihat video berikut ya....





Wahh banyak bgt ya? Hehee tenang aja, nanti pasti bisa kalian ingat selama kalian masih mau mempelajarinya, baik sendiri maupun bersama-sama.  Kalau begitu sampai bertemu lagi di materi selanjutnya ya

ขอบคุณครับ
Khòp khun khráp

Share this

0 Comment to "Bahasa Thai : Aksara Thailand (Vokal)"

Posting Komentar