Senin, 24 Agustus 2020

Perkembangan Kesusastraan Belanda (Part 15)

Tambahan

1.      Het Lied van Heer Halewijn

Berisi tentang pembunuh wanita yang dibunuh oleh seorang putri.

2.      Hendriek van Veldeke.

Penulis dari Low Countries berbasis literatur Belanda, menulis tentang wanita idaman, pandangan terhadap waktu dan lingkungan. Puisi pertama tentang musim semi, puisi kedua tentang Tristan.

3.      Het Roelantslied.

Novel tertua tentang peperangan yang berasal dari Chanson di Roland. Menggambarkan bagaimana tulang punggung Karel menyerang dan mengalahkan tentara besar Sarracenen. Di perbatasan Franken, Roeland adalah pahlawan sejati. Banyak musuh kehilangan tubuh pada akhir hidupnya. Roeland sendiri juga mengeluarkan nafas terakhir.

4.      Renout van Montalbaen.

Dikenal dengan buku rakyat berjudul Devier Heems Kinderententang perempuan Renout dan ketiga saudaranya. Saudara laki-lakinya melawan Karel de Grote. Mereka kalah dan Beyaert (kuda) ditenggelamkan di Oise.

5.      Karel en de Elegast.

Satu-satunya novel berbahasa Prancis yang benar-benar diawetkan. Mengingatkan petualangan Karel mengatasi rahasia di Sungai Rijn.

6.      Floris en de Blanchefloer.

Cintaantara Floris (putraSpanyol) dan Blanchefloer. Selama tidak adanya Floris, Blanchefloer dijual ke Admiraal van Babylonien untuk menambah koleksinya. Saat tahu, Floris menyusul dengan menembus daftar. Keduanya kembali ke Spanyol dan Floris menjadi Katholiek.

7.      Moderne Devotie.

Beweging in de 14e eeuw dan 15e eeuw atau gerakan melawan penyalahgunaan gereja supaya bisa lebih baik. Memperbaiki kehidupan biara. Adapun kesalahan yang dilakukan gereja adalah surat penghapusan dosa, menyembah orang suci.

8.      Walewein.

Petualangan ksatria muda atas perintah dari Raja Arthur.

9.      Hadewijch.

Penyair mistik, lahir di Antwerpen. Tulisannya penglihatan, proza dan puisi.

10.  Jan van Musbroek.

Mistikus hemis.

11.  Esmoreil.

Cerita antara 2 orang yang memiliki kelas sosial berbeda. Seorang pangeran jatuh cinta kepada seorang putri. Akhirnya mereka bahagia.

12.  Gloriant.

Florentijn jatuh cinta pada Gloriant namun ditolah karena ayahnya pembunuh. Kemudian mereka jadian di taman lalu ketahuan kemudian dipenjara. Saat Gloriant akan dipenggal, Florentijn datang dan menyelamatkannya.

Share this

0 Comment to "Perkembangan Kesusastraan Belanda (Part 15)"

Posting Komentar